Inilah Cara Mudah Membuat Tangan Robot Sederhana Dengan Sistem Hidrolik

Dalam artikel ini kita akan mengulas


Dalam artikel kali ini kita akan mengulas tentang cara membuat tangan robot sederhana yang menggunakan sistem hidrolik. mungkin dari kalian sudah banyak yang tau sistem hidrolik itu apa, kalau gatau silahkan baca kalimat dibawah ini.

Hidrolik adalah suatu konsep yang memanfaatkan tekanan dari sebuah cairan untuk memperoleh daya yang besar. contohnya ya seperti pompa hidrolik, dan sebangsanya, wakakakak. 

Jadi intinya kali ini kita akan membuat tangan robot sederhana yang menggunakan cairan sebagai peggeraknya. Ga perlu listrik soalnya disini sering padam XD. Oke daripada lama mending langsung aja. Monggoo maassee.

Berikut Cara Membuat Tangan Robot Sederhana


Oke pertama - tama kalian siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Udah tau belum bahannya ? Kalo belum tau silahkan lihat dibawah XD.

Alat    : Penggaris
            Pensil
            Cutter
            Tang Potong
            Bor ( Kalo ga mau ribet pake paku )

Bahan : Kertas karton atau kardus bekas
            Tusuk gigi atau lidi
            Mainan suntik - suntikan ( kalo gaada malak ke anak tetangga XD )
            Lem G dan Lem Castol ( kalo gaada castol coba UHU )
            Pewarna dan Air
            Selang bekas ( yang kecil bukan yang lebar )
            Kabel ties ( kalo gatau search google )
            Kawat
            Stik es krim

1. Pembuatan Kerangka Tangan Robotnya 


Pertama - tama bentuk dan potong kertas karton atau kardus yang sudah disediakan menjadi kerangka tangan robot seperti dibawah ini.

Kedua, gabungkan dan ukur jarak antara

Kedua, gabungkan dan ukur jarak antara kedua karton atau kardus yang sudah dibentuk sesuai dengan lebar atau diameter mainan suntik - suntikannya. Contohnya seperti dibawah ini.

Setelah itu gabungkan kerangka tangan robot

Setelah Itu gabungkan kerangka tangan robot yang lainnya menjadi satu, hingga terlihat seperti gambar dibawah ini. Ohh iya, jangan lupa lepas kembali mainan suntik - suntikannya dari kerangka tangan robot.

Beri bantalan kecil pada masing - masing

Beri bantalan kecil pada masing - masing tusuk gigi agar tidak mudah lepas dan tidak mudah goyah nantinya. Kurang lebih hasilnya akan jadi seperti ini nantinya.

Oke setelah selesai membuat kerangka tangan robotnya

Oke setelah selesai membuat kerangka tangan robotnya, langkah selanjutnya ada memasang suntiknya pada kerangka tangan robot tersebut. Daripada lama basa - basi mending langsung cek aja dibawah ini.

2. Memasang Sistem Hidrolik Pada Kerangka Tangan Robot


Pertama - tama kita bor bagian gagang suntikannya agar nantinya bisa dikaitkan menggunakan tusuk gigi pada kerangka tangan robotnya. Kurang lebih seperti ini.

Kedua, rekatkan kabel ties dibagian bawah

Kedua, rekatkan kabel ties dibagian bawah mainan suntik - suntikannya. Oh iya, kabel ties yang digunakan untuk satu buah mainan suntik - suntikan sebanyak 2 buah. Untuk cara memasangnya silahkan lihat gambar dibawah.

Setelah itu pasang mainan suntik - suntikan

Setelah itu pasang mainan suntik - suntikan yang sudah siap pada kerangka tangan robot yang sudah jadi tadi. Kurang lebih penempatannya seperti ini.

Oke setelah semua sudah terpasang

Oke setelah semua sudah terpasang seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah membuat capitnya ( lu kira kepiting ). Kenapa saya sebut capit, ya karena emang bentuknya kayak capit kepiting, wakakakak.

3. Pembuatan Capit Tangan Robot Hidrolik


Oke pertama - tama kita siapkan karton atau kardusnya lalu bentuk dan potong sesuai dengan gambar dibawaha ini. Jangan lupa siapkan juga kawatnya karena kawat inilah yang merupakan komponen paling penting dari capit tangan robot ini. Bentuk kawatnya sesuai dengan contoh dibawah.

Perlu diperhatikan buat teman - teman

Perlu diperhatikan buat teman - teman semua. Kawat diatas bukan berbentuk huruf Z. Memang hampir mirip, akan tetapi bagian yang miring dari huruf Z diubah menjadi tegak lurus seperti huruf |. Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah merangkainya hingga menjadi seperti dibawah ini.

Beri alas pada kedua pucuk capit

Beri alas pada kedua pucuk capit. Kemudian beri bantalan lagi agar capit tidak mudah lepas dan goyah saat digerakkan. Setelah itu beri Lem G dan potong bagian lebih dari tusuk gigi. Kurang lebih seperti gambar berikut.

Beri lem tembak pada bagian atas

Beri lem tembak pada bagian atas kerangka tangan robot, jika tidak ada maka gunakan alternatifnya seperti lem castol, lem UHU, atau nasi, wakakakak.

Setelah diberi lem, pasang capit

Setelah diberi lem, pasang capit yang sudah dibuat tadi ke bagian pucuk atas kerangka tangan robot. Seperti ini.

Setelah dipasang, diamkan beberapa saat

Setelah dipasang, diamkan beberapa saat agar lem dapat merekat sempurna. Sambil menunggu lemnya merekat mari kita buat sistem hidrolis untuk capitnya. Pertama - tama siapkan mainan suntik - suntikan 1 buah, kemudian putung bagian gagang yang bundar seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu pasangkan pada kerangka

Setelah itu pasangkan pada kerangka tangan robot menggunakan lidi seperti gambar dibawah ini.

Oke, setelah itu kaitkan kedua kawat

Oke, setelah itu kaitkan kedua kawat pada capit ke gagang mainan suntik - suntikan. Lalu beri lem agar tidak mudah lepas atau longgar.

4. Pembuatan Alas Tangan Robot Hidrolik Sederhana


Siapkan karton atau kardus dengan ukuran yang agak besar sebanyak 4 lembar lalu rekatkan menggunakan lem. Setelah itu lubangi bagian tengahnya dan pasang baterai bekas kemudian beri lem G agar rapat maksimal, wakakakak.

Langkah selanjutnya adalah membuat lapisan

Langkah selanjutnya adalah membuat lapisan tambahan pada alas kerangka tangan robot. Caranya dengan membuat 2 lapisan persegi kecil yang ditempelkan pada alas kerangka tangan robot seperti berikut.

Setelah jadi seperti itu, langkah selanjutnya

Setelah jadi seperti itu, langkah selanjutnya adalah memasang lapisan tambahan tersebut pada alas kerangka tangan robot. Kemudian diamkan beberapa menit dan lubangi bagian tengahnya dan pasang pada baterai yang sudah disiapkan tadi seperti ini.

Setelah dipasang seperti gambar diatas kita taruh

Setelah dipasang seperti gambar diatas kita taruh dulu tangan robotnya. Selanjutnya kita akan membuat penggerak bagian bawah agar robot bisa bergerak ke kana dan ke kiri.

5. Pembuatan Penggerak Bagian Bawah Tangan Robot


Oke pertama - tama siapkan dulu bahannya. Tenang aja bahannya mudah didapet kok, ga ribet - ribet amat. Liat gambar dibawah untuk mengetahui apa saja yang dibutuhin.

Untuk 2 persegi panjang itu bisa menggunakan

Untuk 2 persegi panjang itu bisa menggunakan sisa karton atau kardus yang ada. Jika semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah merangkainya menjadi bentuk yang ada dibawah ini.

Kaitkan mainan suntik - suntikan menggunakan

Kaitkan mainan suntik - suntikan menggunakan tusuk gigi atau lidi, jangan lupa beri lem G pada lidi agar tidak mudah lepas atau longgar. Kemudian Pasang penggerak tersebut bagian samping tangan robot yang sudah jadi tadi. Kurang lebih seperti gambar dibawah.

Oke jika sudah siap langkah selanjutnya

Oke jika sudah siap langkah selanjutnya adalah membuat cairan warnanya.

6. Pembuatan Cairan Penggerak Tangan Robot


Oke inilah proses yang amat sangat super simple menurut gua. Kenapa ? Ya karena yang harus kalian lakukan cuma tuangin air ke dalam gelas, kasih pewarna, ambil, sudah, wakakakak.

Hati - hati saat mengambil airnya

Hati - hati saat mengambil airnya. Karena jika sampai mengenai tangan, maka zat kimia yang ada pada pewarna akan menyebabkan warna tangan anda berubah, wakakak. Selanjutnya pasang selang pada masing - masing mainan suntik - suntikan yang ada.

Jika kalian ingin membuat sistem kontrolnya menjadi

Jika kalian ingin membuat sistem kontrolnya menjadi lebih bagus dan rapi, kalian bisa membuat tempat penggerak seperti diatas.


Tarrraaaaa !!! Tangan robot hidrolik

Tarrraaaaa !!! Tangan robot hidrolik sederhana sudah siap dan dapat diuji coba secara langsung. Selamat mencoba dirumah.



Penutup


Bagaimana ? sangat mudah bukan, selain itu bahan - bahan yang dibutuhkan juga mudah dicari. Jika teman - teman masih kurang jelas atau tidak mengerti, kalian bisa bertanya kepada saya melalui kolom komentar dibawah atau kalian bisa melihat videonya secara lengkap melalui sumber yang tercantum dibawah.





NB : Jika kalian suka dengan artikel ini, support kami dengan cara meninggalkan jejak dan share ke teman - teman anda melalui media sosial. NUHUN

1 Comments

Previous Post Next Post